My Diary.
to Share my Life Events

7 Manajemen Strategi Pemenangan Pemilu, Begini caranya…

Related image

caleg kota bekasi - Masuk Tahun Politik 2019, taktik politik dikerjakan dengan beberapa langkah oleh parpol, ujung batas parlemen atau yang biasa di ucap parliamentary threshold begitu memberatkan buat partai-partai baru, mungkin langkah awal buat partai baru untuk dapat bertanding dengan partai besar ialah Partai politik dapat membuat BAPPILU supaya semua program partai dapat berjalan, dari BAPPILU itu tercipta satu kemenangan partai.

Dalam rencana tingkatkan manajemen berikut, partai politik memerlukan fasilitas manajemen.Fasilitas manajemen ini terbagi dalam

  • Man. 
  • Money. 
  • Machine. 
  • Material. 
  • Method. 
  • Market. 
  • Maintenance. 

(7M) Identifikasi berikut lalu yang memastikan kejelasan serta validitas proses partai politik dengan mendalam, baik dengan teoritis, konseptual serta operasional ke arah pemenangan partai politik. bagaimana bangun organisasi BAPPILU dalam satu partai politik ?.

Perihal pertama sebagai pondasinya ialah Biaya Basic serta Biaya Rumah Tangga dibanding induk organisasi BAPPILU itu. Langkah ke-2, bangun visi/misi BAPPILU satu partai politik. Visi/misi ini begitu penting menjadi dasar pekerjaan, standard pekerjaan, sumber motivasi serta menjadi basic logis koordinasi.

Atas dasarvisi/misi ini, baiknya dibuat MOTTO. Nilai filosofisnya mesti meyakini jika motto mempunyai kemampuan yang semakin besar dari sebatas beberapa kata. Sebab motto bisa saja adalah representasi dari arah hidup organisasi atau perihal yang ingin diraih dalam ber-parpol. Sekurang-kurangnya motto dapat adalah penyemangat kerja.

Dari sinilah lalu dibikin/dibuat arah BAPPILU partai politik. Umumnya maksudnya ialah : Pertama, memperkuat hubungan silaturrahmi antar institusi pengurus pusat serta BAPPILU di satu daerah. Ke-2, tingkatkan perasaan cinta dalam pekerjaan berpartai. Ke-3, tingkatkan keaktifan untuk melakukan beberapa kegiatan yang mempunyai tujuan bangun jiwa yang penuh keikhlasan. Ke empat, membuat skema fikir yang berkembang serta maju/sukses pada pemilu 2019. Ke lima, jadikan BAPPILU yang memiliki kualitas serta jumlah yang oke ke arah pemilu 2019 yang sukses.

Dengan konsepsi kualitas serta jumlah itu lalu dibuat bagan organisasi yang sama dengan visi-misi parpol itu. Dari bagan organisasi ini lalu diambil sekaligus juga diletakkan orang di mana, bagaimana, kenapa serta untuk apakah ia kerja di bagian itu. Seperti ide manajemen jika untuk bangun organisasi yang berkualitas harus mengaplikasikan prinsip “the right man on the right place”. Ungkapan classic ini benar-benar begitu pas. Peletakan SDM tidak cuma membuat organisasi sekelas partai dapat berjalan mulus, tapi dapat juga membuat organisasi sekelas partai berkembang semakin besar. Itu karena itu jadi begitu pas bila aspek SDM disebutkan menjadi salah satunya asset organisasi yang sangat bernilai.

MANAJEMEN MAN

Fasilitas manajemen yang pertama dalam bangun satu organisasi BAPPILU ialah manusia (MAN). Perspektif manajemen jika manusia ialah mahluk sosial yang condong untuk hidup bermasyarakat dan mengendalikan serta mengorganisasi kegiatannya dalam sampai satu arah, tapi sebab terbatasnya potensi mengakibatkan mereka tidak dapat wujudkan arah tanpa kerja sama. Hal itu yang memicu manusia untuk hidup dalam berorganisasi. Kerja sama (berjamaah) dalam berorganisasi berikut satu tindakan bantu-membantu yang akan dikerjakan dengan bersama untuk sampai arah bersamanya.

Arah bersama dengan adalah arah atau tujuan yang diraih. Arah bersama dengan mesti memvisualisasikan mengenai apakah yang akan diraih atau yang diinginkan. Arah bersama dengan adalah titik akhir mengenai apakah yang perlu ditangani. Arah bersama dengan ikut memvisualisasikan mengenai apakah yang perlu diraih lewat mekanisme, program, skema (network), kebijakan (policy), taktik, biaya (budgeting), serta peraturan-peraturan (regulation) yang sudah diputuskan. Beginilah ide kerja manusia kualitas yang diperlukan organisasi BAPPILU untuk kemenangan satu partai.

MANAJEMEN MONEY

Dengan spesial uang ialah fasilitas manajemen ke-2 menjadi prasyarat untuk bangun BAPPILU. Sumber pembiayaan partai umumnya datang dari : Pertama,uang pangkal, iuran anggota, atau infaq yang ditata dengan sendiri lewat ketentuan. Ke-2, tehnis penyusunan serta pemakaian uang hasil usaha yang halal yang lain ditata dengan sendiri oleh Dewan Pimpinan Pusatnya. Ke-3,dana sumbangan pemerintah lewat APBN/APBD harus dipakai untuk kebutuhan partai. Ke empat, pengendalian keuangan serta kekayaan partai dikerjakan dengan transparan serta profesional. Ke lima,serta usaha-usaha lainnya yang halal. Ke enam,dana sumbangan pemerintah lewat APBN/APBD, itupun jika ada kursi di DPR-RI serta DPRD di satu daerah sesuai dengan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 83 TAHUN 2012 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 5 TAHUN 2009 TENTANG BANTUAN KEUANGAN KEPADA PARTAI POLITIK. Berikut yang dimaksud Kualitas Uang(quality money) atau dalam perspektif agama ialah sumber yang halalan toyyiban (halal serta baik), apa ada yang meragukannya ?.

MANAJEMEN MACHINE

Dalam manajemen kualitas mesin (quality machine)ialah tehnologi yang digunakan untuk menjalankan organisasi BAPPILU partai politik.Tehnologi di tempat ini ialah manfaatkan beberapa barang, beberapa benda, atau alat-alat untuk memudahkan dan mempermudah realisasi pekerjaan. Ringkasnya, contoh barang benda atau alat tehnologi yang disebut sekurang-kurangnya terdapatnya Hand Phone (HP). Karena HP sudah memiliki tools-tools untuk mempermudah pekerjaan, contohnya lewat e-mail, face book, Whatsapp serta BBM. Karenanya, pengendalian BAPPILU partai politik ke arah pemilu 2019 mesti bisa memaksimalkan unsur-unsur yang ada dalam tehnologi.Oleh karenanya, jadi pengendaliannya mesti dikerjakan dengan ide Skema Info Manajemen. Skema ialah mesin. Info ialah data yang diolah mesin serta Manajemen ialah pengetahuan serta seni yang dipakai semasing kader untuk lakukan proses. Berikut yang dimaksud memakai kualitas mesin(quality machine). Satu kali lagi mesin adalah fasilitas terpenting dii dunia manajemen politik. Kerja dengan memakai mesin akan begitu menolong percepat, membuat lancar proses pengerjaan pekerjaan, dan melipatgandakan hasil produk politik. Oleh karena itu mesin begitu diperlukan menjadi fasilitas yang menguntungkan manajemen partai terpenting dalam melawan pertarungan pemilu tahun 2019, apa ada yang meragukannya ?.

MANAJEMEN MATERIAL

Fasilitas manajemen material dalam memaksimalkan keberdayaan satu organisasi ialah tanah (land) serta gedung (building).

MANAJEMEN METHOD

Cara (Method) ialah langkah ke arah satu jalan atau adalah satu langkah melakukan pekerjaan dalam rencana perolehan arah yang sudah diputuskan. Jadi terwujud atau tidaknya pekerjaan bergantung dari langkah kerjanya. Karenanya langkah kerja organisasi mesti melihat skema Transparan menjadi keseluruhnya (skema), bukan parsial, atau beberapa bagian yang terpisah keduanya. elemen skema itu mencakup:

  1. kultur, yakni nilai-nilai, sikap, tujuan, mitos serta keyakinan yang berkaitan pada orang yang punya pengaruh pada penduduk. 
  2. susunan, yakni organisasi resmi. Dalam perihal ini organisasi yang dipakai untuk menjalankan keputusan-keputusan yang berkuasa, termasuk juga organisasi badan-badan yang lain yang ada pada organisasi itu serta mesti bisa bersinergi. 
  3. grup, yakni bentuk-bentuk sosial serta ekonomi, baik resmi ataupun nonformal, yang berperan serta dalam soal memenangi hati masyakarat. 
  4. kepemimpinan, yakni individu dalam lembaga-lembaga serta kelompok-kelompok yang menjalankan dampak lebih dibanding yang lain dalam memberi alokasi nilai-nilai organisas itu. 
  5. kebijaksanaan, yakni pola-pola pekerjaan yang dengan sadar tercipta untuk memengaruhi distribusi keuntungan organisasi dalam penduduk. 
Jika dalam pelaksanaan kerjanya dibutuhkan aplikasi yang baik dengan keinginan akan membuat lancar jalannya pekerjaan. Satu cara akan dinyatakan menjadi penentuan langkah pelaksanaan kerja satu pekerjaan dengan memberi beberapa pertimbangan-pertimbangan pada tujuan, fasilitas-fasilitas yang ada serta pemakaian waktu, dan uang serta pekerjaan usaha. Karenanya penentuan cara tersebut bisa dikerjakan lewat seminar, studi masalah, role play dan lain-lain. Butuh diingat walau cara telah baik, sedang orang yang melakukannya tidak memahami ataukah tidak memiliki pengalaman, jadi akhirnya akan tidak memuaskan. Dengan begitu, fungsi penting dalam manajemen itu masih manusianya tersebut.

MANAJEMEN MARKET

Pasar (Market) dalam perspektif ialah penduduk. Menjadi satu organisasi pasti mesti bisa merampas hati penduduk. Dalam kata lainnya jika penduduk sudah rasakan service yang sebaik-baiknya, dengan sendirinya akan beli atau akan memberi kerjasamanya dengan sebaik-baiknya dengan keinginan bisa barang yang baik.

MANAJEMEN MAINTENANCE

Pemeliharaan (Maintenance)ialah semua pekerjaan yang di dalamnya untuk mengawasi supaya skema kerja dengan baik Jadi implementasi semua pekerjaan itu ialah yang 7M itu (MAN, MACHINE, MONEY, METHOD, MATERIAL, MAINTENANCE serta MARKET).Semua pekerjaan yang meliputi 7M ini mesti tersistem dengan baik serta terarah.

Pertanyaannya bagaimana merampas hati penduduk ?. Pasti banyak langkah merampas hati penduduk.

KESIMPULAN SEMUA

Dalam Pemilu 2019 yang disebut tahun politik, sekurang-kurangnya partai peserta pemilu 2019 terutamanya partai baru yang ingin bertanding semakin lebih berat bila tidak menyiapkan taktik, oleh karenanya perlu taktik yang tepat untuk dapat bertanding di pemilu 2019 mendatang, tinggal bagaimana parpol itu dapat merampas hati penduduk, semua bergantung BAPPILU.
Unknown Unknown Author