My Diary.
to Share my Life Events

Cara Mengatasi dan Mencegah Timbulnya Bau Pada Sepatu

Cara Mudah Menghilangkan Bau Sepatu Olahraga Halaman all - Kompas.com

Permasalahan berbau busuk pada sepatu memang seringkali dirasakan orang. Tidak disangkal, situasi itu dapat membuat si pemilik sepatu berasa malu serta cemas kalau-kalau berbau kurang enak dari sepatunya akan tercium seseorang, ditambah lagi waktu dia harus terpaksa melepas sepatunya di muka banyak orang. Tetapi tenang, permasalahan itu dapat ditangani kok. Seandainya tahu pemicunya, kamu akan tahu bagaimanakah cara menangani serta hilangkan berbau yang benar-benar mengganggu itu.

Sebetulnya, apa sich pemicu sepatu sampai keluarkan berbau yang tidak enak? Pemicu berbau pada sepatu ialah munculnya bakteri yang bisa keluarkan aroma busuk. Sepatu dibuat dari bahan material sintetis, sol karet serta bahan plastik. Bahan sintetis itu tutup perputaran udara di sepatu hingga kaki jadi tidak dapat bernafas. Hasilnya, kaki bisa menjadi berkeringat, basah serta lembab. Situasi kaki yang basah serta lembab itu jadi media yang baik serta sarang tumbuh suburnya bakteri pemicu berbau busuk. Tipe bakteri pemicu berbau busuk itu ialah bakteri brevibakteria yang menyukai hidup di lingkungan yang lembab, basah, serta gelap. Brevibakteria umumnya aktif di bagian telapak kaki serta jari-jari kaki.

Lalu, bagaimanakah cara hilangkan berbau busuk pada sepatu? Untuk hilangkannya memang diperlukan perhatian serta perawatan tambahan. Tetapi, bukan bermakna mustahil. Baca beberapa panduan di bawah ini :

  • Cuci sepatu secara baik. Bersihkan dengan bersih serta secara detail, jangan cuma sisi luar atau bawahnya saja. Langkah mencucinya, pakai deterjen/sabun serta pemutih, lalu cuci sepatu dengan menggosoknya dengan sikat dari sisi dalam ke luar, kemudian jemur di bawah cahaya matahari. 
  • Pakai baking soda untuk hilangkan berbau sepatu. Baking soda dapat dibuktikan adalah bahan yang bisa menghisap berbau sepatu. Triknya, taburkan sedikit baking soda di dalam sepatu, diamkan serta diamkan semalaman. Esok harinya, membersihkan sepatu dari baking soda, serta automatis berbau tidak enak dari sepatumu tidak akan tercium lagi. 
  • Tetapi, pemakaian baking soda untuk hilangkan berbau sepatu ini seharusnya tidak diaplikasikan untuk tipe sepatu yang dibuat dari bahan kulit, sebab penggunaan baking soda dengan cara terus-terusan pada bahan kulit bisa membuat sepatu jadi rusak. Sepatu dengan kualitas bagus dan harga murah dapat dibeli di tempat jual sepatu safety  

Sepatu berbau

  • Langkah lain yang cukup efisien untuk hilangkan aroma tidak enak sepatu dengan memakai kulit jeruk. Aroma beri kesegaran dari kulit jeruk bisa digunakan untuk hilangkan berbau busuk sepatu. Triknya, tempatkan kulit jeruk di sepatu serta diamkan semalaman. Esok paginya, kamu akan merasakan berbau busuk dari sepatu telah tidak tercium lagi. 
  • Kamu dapat juga memakai penyemprot desinfektan serta pewangi yang spesial ditujukan untuk hilangkan permasalahan berbau pada sepatu. 
  • Sama yang telah disebut di atas, salah satunya pemicu sepatu berbau ialah kaki yang berbau. Jika memang kamu mempunyai permasalahan kaki berbau, kamu dapat menanganinya dengan membersihkan kaki dengan bersih dengan memakai sabun. Lalu, semprotkan antiperspirant ke kaki. Antiperspirant adalah bahan yang bisa kurangi keringat berlebihan pemicu munculnya situasi lembab yang dapat memunculkan berbau. 

Kecuali memakai antipersiparant, kamu dapat memakai beberapa bahan alami untuk hilangkan berbau pada kaki, yakni :

– Teh hijau
Rendam kaki di air teh hijau dingin (seputar 5 kantung teh celup hijau) semasa kira-kira 30 menit tiap hari semasa 1 minggu. Tanin dalam teh hijau bisa keringkan kaki, kurangi keringat serta berbau pada kaki.

– Garam
Rendam kaki di air larutan garam. Sesudah usai, jangan basuh kaki tetapi diamkan sampai kering saja.

– Cuka
Rendam kaki di dalam larutan air-cuka (1/4 liter air +½ cangkir cuka). Juga bisa memakai cuka apel. Rendam kaki di larutan air-cuka apel (1 liter air hangat + 1/3 cangkir cuka apel).

Langkah lain yang dapat juga dilaksanakan untuk hilangkan berbau sepatu ialah masukkan sepatu di dalam kantung plastik, serta setelah itu ditempatkan di almari es semalaman. Esok harinya, mengeluarkan sepatu dari plastik serta jemur di bawah cahaya matahari. Untuk langkah ini seharusnya dilaksanakan di kulkas atau almari pendingin spesial supaya tidak bersatu dengan beberapa bahan makanan yang lain. Bila memang tidak mempunyai almari pendingin spesial, seharusnya kerjakan beberapa cara lain yang telah disebut di atas.

Langkah menahan munculnya berbau busuk pada sepatu

Hal yang dapat dilaksanakan untuk menahan munculnya berbau pada sepatu ialah :

  • Waktu akan menggunakan sepatu, tekankan situasi kaki serta sepatu pada kondisi bersih serta kering. 
  • Jauhi penggunaan kaos kaki yang kotor, basah serta lembab. Kaos kaki lembab, basah serta telah kotor tentu saja bisa menjadi tempat tumbuh suburnya bakteri yang dapat keluarkan berbau tidak enak. 
  • Jauhi simpan sepatu lembab di ruang tertutup. Sepatu yang basah sebab habis dicuci atau terkena air sebab kehujanan seharusnya dijemur serta dikeringkan di udara terbuka terlebih dulu. 
  • Sebaiknya untuk tidak selamanya menggunakan sepatu dengan mode yang tertutup. Kadang-kadang pakai alas kaki lain contohnya sandal atau tipe sepatu yang ujungnya terbuka supaya perputaran udara lebih bagus serta kaki dapat bernafas. 
  • Jauhi juga pemakaian sepatu yang begitu sempit sebab dapat membuat kaki semakin berkeringat karena tidak dapat bernafas secara baik. 
  • Seharusnya pakai tipe kaos kaki yang tipis dibanding yang tebal, sebab kaos kaki tipis semakin sangat mungkin kaki untuk dapat bernafas secara baik. 
  • Tukar sepatu, jangan sering menggunakan sepatu yang sama dengan cara terus-terusan tiap hari.
Unknown Unknown Author